MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK DENGAN PROGRAM KAMPUNG LITERASI

MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK DENGAN PROGRAM KAMPUNG LITERASI

KAGHAS.- Kampung Literasi merupakan salah satu program Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Program ini menjadi salah satu program turunan dari Gerakan Literasi Nasional, khususnya Gerakan Literasi masyarakat.

Selain pada lingkungan sekolah minat baca pada anak juga dapat dibangun di lingkungan rumah, salah satunya yaitu dengan program Kampung Literasi. Untuk itu, program Kampung Literasi mesti memikirkan strategi terbaik untuk menumbuhkan minat baca pada para anak yang mengikuti program tersebut.

Salah satunya dengan memperkaya pilihan bacaan bagi anak-anak. Dengan begitu anak anak akan lebih semangat dan semakin penasaran untuk membaca berbagai pilihan buku bacaan Di Kampung Literasi dikembangkan enam program literasi dasar, yaitu literasi baca tulis, literasi berhitung, literasi sains, literasi keuangan, literasi teknologi informasi dan komunikasi (tik), serta literasi budaya dan kewarganegaraan.

Pada program literasi baca tulis ini lah yang paling cocok untuk anak tingkat sekolah dasar, yang juga untuk membantu anak menambah waktu belajarnya selain waktu belajar disekolah yang terbatas Salah satu Kampung Literasi yang ada di Sumatera Selatan yang menjalankan program literasi baca tulis ini adalah Kampung Literasi 26 Ilir Palembang, dan program berjalan dengan bantuan para relawan yang ikut serta menjalankan program literasi baca tulis dengan harapan minat baca para anak yang ada dilingkungan Kampung Literasi 26 ilir Palembang meningkat.

Oleh: Elfa Meliantika

Mahasiswi Jurusan Ilmu Perpustakaan, UIN Raden Fatah Palembang, Fakultas Adab dan Humaniora.

Editor. Arip Muhtiar, S. Hum.

Sy. Apero Fublic