Meningkatkan Potensi Literasi Siswa Melalui Kegiatan Majalah Dinding SD IT Bina Ilmi

Meningkatkan Potensi Literasi Siswa  Melalui Kegiatan Majalah Dinding SD IT Bina Ilmi

KAGHAS.- Majalah Dinding (mading) adalah suatu ungkapan atau imajinasi pikiran yang kreatif melalui tulisan, gambar, lukisan dan lain sebagainya ataupun kombinasi antara tulisan dan gambar. Mading biasanya ditemukan di lembaga pendidikan seperti sekolah, madrasah, pesantren ataupun lembaga organisasi lainnya.

Sebagaimana pengertian dari penulis atau pengarang sastra yaitu Nursisto dalam penjelasannya bahwa majalah dinding merupakan salah satu jenis media komunikasi massa yang sangat sederhana di lingkungan sekolah, disebut majalah dinding karena prinsip majalah yang begitu dominan dan penyajiannya dipampang di dinding atau sejenisnya.

Adapun fungsi mading adalah untuk sarana informasi, sarana hiburan, menumbuhkan sikap kritis, mengembangkan wawasan pengetahuan berfikir, dan yang pastinya berfungsi untuk menumbuhkan, mengembangkan, dan memperkuat potensi literasi. Karena proses kegiatan mading terdiri atas, pertama kegiatan membaca.

Misalnya sebelum kita menulis, kita membaca buku rujukan sesuai tema atau membaca di internet mengenai tema yang akan kita tulis, kedua kegiatan berfikir, misalnya dari referensi yang kita baca kita memikirkan suatu konsep baru, merenungkan dan menelaah inti bacaan yang perlu dituangkan dalam bentuk tulisan, atau merenungkan dari apa yang kita lihat, misalnya lingkungan, alam, peristiwa unik, ketiga kegiatan menulis, melukis serta menggambar, adalah hasil dari perenungan yang kita baca yang telah kita dapatkan yaitu inti dari tema yang akan kita tuliskan.

Sehingga kegiatan mading dapat dikatakan sebagai sarana sistem imajinasi ilmiah dan non ilmiah. Artiyan secara istilah mading dapat mengasah kemampuan berfikir, menelaah, dalam bingkai produk tulisan, baik artikel, opini, cerpen, puisi, syair, pantun, gurindam, slogan dan lain sebagainya. Generasi muda bangsa Indonesia harus didorong dan dipacu untuk menciptakan ide-ide inovatif dan kreatif, salah satunya adalah melalui program mading sekolah sebagai implementasi dari Gerakan Literasi Nasional yang tengah digalakkan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud RI).

Oleh karena itu, untuk mengembangkan kemampuan potensi literasi siswa, Sekolah Dasar Islam Terpadu Bina Ilmi Palembang, berusaha mengimplementasikan Gerakan Literasi Nasional melalui, program kegiatan siswa yaitu majalah dinding (mading) sekolah. Artinya sekolah akan membuka ruang potensi literasi siswa dalam bentuk tulisan yang baik, bermanfaat, kreatif, edukatif, dan informatif.

Sebagaimana menurut Bunda Julie Andriani S.Pd selaku Kepala Sekolah SD IT Bina Ilmi Palembang tahun pelajaran 2022/2023, menyampaikan bahwa akan selalu mensupport kegiatan siswa untuk meningkatkan potensi literasi siswa seperti kegiatan majalah dinding sekolah.

Seperti yang telah dilaksanakan pada periode pertama di bulan agustus, kita bersyukur program mading ini telah berjalan dengan baik, bukan hanya sekedar melaksanakan program mading nya saja, tapi kita lebih kepada proses kegiatan siswa/i menulis, sehingga kreatifitas siswa/i dapat tersalurkan melalui tulisan yang edukatif baik berupa tulisan ilmiah atau non ilmiah, seperti puisi, syair, pantun, atau kombinasi antara lukisan dan tulisan, dan lain sebagainya.

Oleh: Vixkri Mubaroq. (Guru SD IT Bina Ilmi Palembang).

Sy. Apero Fublic