Penerbitan Buku: Kajian Sosiologis: Transformasi Atap Masjid di Kota Palembang (Studi Atap Tradisi dan Atap Kubah)

Penerbitan Buku: Kajian Sosiologis: Transformasi Atap Masjid di Kota Palembang (Studi Atap Tradisi dan Atap Kubah)

KAGHAS.- Deskripsi: Pembahasan buku berjudul Kajian Sosiologis: Transformasi Atap Masjid di Kota Palembang (Studi Atap Tradisi dan Atap Kubah) membahas tentang kebudayaan Islam di Indonesia terkhusus di Indonesia. Studi penelitian di lakukan di Kota Palembang secara keseluruhan.

Dengan membaca buku ini akan membawa pemahaman bagaimana dinamika kebudayaan Islam yang begitu kompleks berawal dari sebuah bangunan tempat ibadah. Dimana faktor geografis, ekonomi, politik dan dinamika kebudayaan, sifat dan pemahaman masyarakat, polapikir dan paham keislaman dapat terbaca hanya dalam arsitektur atap masjid. Hal demikianlah yang dibahas dalam buku ini. Berikut rincian buku:

.

Judul Buku: Kajian Sosiologis: Transformasi Atap Masjid di Kota Palembang (Studi Atap Tradisi dan Atap kubah)

Penulis: Joni Apero, S. Hum

ISBN: Sedang di ajukan

Editor: Sumiati, SE

Layout:

Caver dan Tataletak: Medikal Rohim Jumlah

Halaman: 204

Harga: Rp. 85.000

Edisi: Cetakan Pertama 2022

Genre: Buku Penelitian

Redaksi: Jalan Padat Karya, RT.01, RW. 02, Kelurahan Talang Jambe, Kecamatan Sukarami, Kota Palembang-Sumatera Selatan.

Konta: Hp/Wa: 082179992170

Email: www.aftv145@gmail.com

.

Sinopsis:

Buku ini menjawab fenomena kebudayaan masyarakat Islam di Indonesia, khususnya di Kota Palembang. Dimana terjadinya suatu gerak kebudayaan secara kontinyu dan tanpa disadari oleh masyarakat pada umumnya. Jalur transformasi atap melalui, atap tradisional, atap tradisi dan atap modernisme berkubah.

Dalam perjalanannya hanya bentuk atap masjid di Indonesialah yang begitu beragam. Berkembang dari bangunan asli masyarakat Indonesia, kini bergerak menuju suatu arsitektur berkubah. Masyarakat Islam Indonesia seolah-olah digerakkan tangan gaib merubah arsitektur masjid dengan tipologi atap berkubah di seluruh Indonesia. Dalam buku ini, ditemukan tiga bentuk asli atap masjid tradisional Indonesia. Yaitu atap tradisional tipologi mustaka, tajuk dan tumpang. Yang tersebar secara alami dan menurut kedaerahannya sendiri.

Di Indonesia (Palembang) ditemukan kubah aliran Turki, Timur Tengah dan Asia Selatan, yaitu kubah bawang dan kubah setengah lingkaran. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan arsitektur atap masjid di Kota Palembang (Indonesia). Ikuti pembahasan buku ini lebih lanjut.

Sy. Apero Fublic